top of page
  • Writer's pictureptsolidgoldmks

Solid Gold | Kapal Perang AS Gagal Cegat Rudal dalam Uji Coba di Pasifik


Sebuah kapal perang Amerika Serikat (AS) gagal mencegat rudal balistik jarak menengah dalam uji coba terbaru. Kegagalan ini terjadi dalam uji coba sistem pertahanan rudal Aegis yang terpasang pada kapal-kapal perang AS.

Seperti dilansir Reuters, Senin (31/5/2021), uji coba itu digelar pada Sabtu (29/5) waktu setempat. Laporan Associated Press menyebut uji coba dilakukan di perairan Samudra Pasifik dekat Hawaii.


"Tujuan dari uji coba adalah menunjukkan kemampuan pertahanan rudal balistik yang terkonfigurasi pada kapal, Aegis, untuk mendeteksi, melacak, melibatkan dan mencegat target rudal balistik jarak menengah," demikian pernyataan Badan Pertahanan Rudal AS (MDA).

Uji coba itu, sebut MDA, menggunakan salvo dua rudal pencegat jenis Standard Missile-6 (SM-6) Dual II. Disebutkan bahwa uji coba ini dilakukan MDA bekerja sama dengan Angkatan Laut AS.


Para pejabat yang bertanggung jawab atas program ini, seperti dilansir Associated Press, menuturkan bahwa pihaknya telah memulai pengkajian untuk mencari tahu penyebab kegagalan itu dan akan menganalisis hasilnya nanti.


MDA yang berada di bawah Departemen Pertahanan AS diketahui rutin menggelar uji coba sistem pertahanan rudal. Sebelumnya, uji coba yang dilakukan MDA dengan rudal pencegat jenis yang sama sukses dalam mencegat rudal balistik.

2 views0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Diperkirakan Cenderung Mixed

Riset harian FAC Sekuritas menyebutkan, pada perdagangan kemarin (25/9), IHSG ditutup melemah 18,46 poin (- 0,26%) ke level 6.998,38. IHSG melemah seiring terjadinya net foreign sell Rp1,18 triliun di

bottom of page