top of page
  • Writer's pictureptsolidgoldmks

Emas Masih Turun di Tengah Potensi Hawkish Fed, tapi Bertahan di Level $1.900

Harga emas turun pada Jumat (25/08). Traders mayoritas beralih ke dolar sebelum sinyal lanjutan mengenai kebijakan moneter AS dari Jackson Hole Symposium, meskipun tanda-tanda melemahnya pertumbuhan masih menjaga emas di atas level kunci.

Emas juga akan raih minggu positif pertama dalam lima minggu terakhir, lantaran pulih dari titik terendah lima bulan yang dicapai pada awal Agustus. Meskipun alami penurunan hari Jumat ini, harga emas spot juga mempertahankan level $1.900/oz yang diawasi ketat.

Namun, prospek logam mulia ini masih tetap diganggu oleh prospek kenaikan suku bunga AS. Dolar berada di level tertinggi lebih dari dua bulan pada hari Jumat, sementara Treasury yields naik kembali ke level tertinggi multi-dekade.

Dua pejabat Federal Reserve juga mengatakan bahwa mereka mendukung lonjakan yields obligasi terbaru ini, dengan menyatakan bahwa hal tersebut bisa membantu mendinginkan ekonomi AS dan inflasi tinggi.

Emas Spot turun 0,1% menjadi $1.914,08/oz, dan emas berjangka Desember turun 0,3% ke $1.941,95/oz pukul 11.30 WIB.

Jackson Hole, pidato Powell menjadi fokus

Pasar saat ini berfokus pada pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell di Jackson Hole yang akan disampaikan hari ini.

Investor sebagian besar khawatir atas sinyal yang berpotensi hawkish dari ketua The Fed, mengingat bahwa inflasi AS tetap tinggi, sementara data terbaru juga menunjukkan berlanjutnya kekuatan di pasar tenaga kerja.

Saat data lain juga menunjukkan perlambatan aktivitas bisnis di AS, pasar masih mengharapkan ketua Fed untuk menempatkan prospek suku bunga AS yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama - sebuah skenario yang menjadi isyarat buruk bagi emas.

Kenaikan suku bunga telah mendorong biaya peluang untuk memiliki emas selama setahun terakhir, sehingga penguatan logam mulia ini menjadi terbatas.

Namun emas mendapat dorongan minggu ini. Data aktivitas bisnis yang lemah mendorong spekulasi bahwa the Fed memiliki ruang gerak yang terbatas untuk terus menaikkan suku bunga.

Tembaga turun oleh kekhawatiran pertumbuhan, PMI China menjadi fokus

Di antara logam-logam industri, harga tembaga turun pada hari Jumat dan juga memangkas mayoritas peningkatan baru-baru ini saat lemahnya data aktivitas bisnis menimbulkan kekhawatiran akan melambatnya pertumbuhan ekonomi global.

Tembag turun 0,3% menjadi $3,7592 per pon, dan diperkirakan akan naik 1,4% minggu ini. Namun tembaga diperdagangkan jauh di bawah level tertinggi yang dicapai awal minggu ini.

Setelah purchasing managers’ index yang lemah dari AS, zona euro dan Jepang minggu ini, fokus sebagian besar tertuju pada data serupa dari China, yang akan terbit minggu depan.

Pasar akan mengamati untuk melihat apakah kondisi ekonomi di negara importir tembaga terbesar di dunia ini membaik selama bulan Agustus, tatkala berjuang dengan aktivitas manufaktur yang lemah dan krisis real estat yang membayangi.

1 view0 comments

Recent Posts

See All

IHSG Diperkirakan Cenderung Mixed

Riset harian FAC Sekuritas menyebutkan, pada perdagangan kemarin (25/9), IHSG ditutup melemah 18,46 poin (- 0,26%) ke level 6.998,38. IHSG melemah seiring terjadinya net foreign sell Rp1,18 triliun di

bottom of page