top of page
  • Writer's pictureptsolidgoldmks

SOLID BERJANGKA | Webtoon 'Lookism' Buka Mata Publik soal Isu Bully di Korea


SOLID BERJANGKA MAKASSAR - Isu perundungan atau bully menjadi salah satu fokus dalam webtoon 'Lokism'. Webtoonist (komikus) Park Tae Jun asal Korea yang menuliskan cerita dan menggambarnya menceritakan proses kreatif dari isu yang bisa terjadi di negara.



Menurut Park Tae Jun, isu perundungan bukan hanya terjadi di Korea atau negara-negara Asia lainnya.



"Di dalam cerita ini memang sangat menampilkan soal penampilan dan banyak unsur kekerasaan atau action. Isu seperti ini terjadi di mana pun," ujarnya.


Park Tae Jun sempat menyambangi Jakarta untuk ketiga kalinya, sebelum fan meeting ke Thailand bersama webtoonist lainnya.



Terbitnya 'Lookism' membuat publik jadi terbuka matanya. "Pembaca akan membaca webtoon ini dengan perasaan masing-masing yang berbeda," lanjutnya.



"Banyak dari pembaca yang mendiskusikan isu bullying ini. Setidaknya karena webtoon ini membuat orang lebih peduli lagi dengan isu perundungan," kata Park Tae Jun.



Saat ini Park Tae Jun diketahui sedang menggarap webtoon bergenre romansa lainnya. "Saya berharap saya bisa menjadi komikus yang bisa menulis tema apapun lagi. Selanjutnya ingin menggarap komik romance lalu action," ujar komikus yang karyanya sudah terbit cetak di Korea dan Jepang.

3 views0 comments
bottom of page